Komandan Pasukan Khusus AS di Timur Tengah : Kami Tidak Mengerti Gerakan Islamic State, Kita Tidak Akan Mampu Mengalahkannya

NagataMayor Jenderal Michael K. Nagata, komandan pasukan Amerika untuk Operasi Khusus di Timur Tengah, meminta bantuan  dalam memecahkan masalah mendesak untuk militer Amerika: Apa yang membuat Negara Islam begitu berbahaya?

Mencoba menguraikan kekuatan Islamic State  – sebuah organisasi milisi  hibrida dengan tentara yang sangat konvensional – menjadi  teka-teki sehingga Jenderal Nagata memikirkannya diluar ilmu yang harus ia dapatkan pemecahannya  dari Pentagon, Departemen Luar Negeri dan badan-badan intelijen, mencari ide-ide  dan inspirasi, dan mungkin mencarinya dari pakar  bisnis, misalnya, mengenai bagaimana menghadapi strategi pemasaran dan branding Negara Islam.

“Kami tidak mengerti gerakan ini, hingga  kita lakukan pertempuran , kita tidak akan bisa mengalahkannya,” katanya, dihadapan pertemuan  rahasia dari telepon  konferensi yang diadakan dengan para ahli. “Kami belum mengalahkan ide (Negara Islam) , bahkan kami  tidak mengerti ide tersebut. ” (JL/KH)