Komandan Militer Yaman Tewas oleh Serangan Bom Bunuh Diri

Komandan Militer Yaman Tewas oleh Serangan Bom Bunuh Diri

Komandan militer Yaman wilayah selatan tewas dalam serangan bunuh diri di Aden pada Senin pagi ini (18/6), petugas medis dan seorang pejabat keamanan mengatakan, setelah militer mengusir kelompok pejuang yang berafiliasi dengan Al-Qaidah dari benteng-benteng mereka di daerah tersebut.

Para pembom, yang mengenakan sabuk peledak, menargetkan Mayor Jenderal Salem Ali Qatan saat ia sedang dalam perjalanan untuk bekerja, kata saksi mata.

“Jenderal Qatan tewas dan empat lainnya luka-luka dalam serangan bunuh diri, di dekat rumahnya di lingkungan Mansoura Aden,” petugas medis mengatakan tanpa menyebut nama.

Sebagai komandan kepala militer di selatan Yaman, Qatan telah memimpin serangan selama sebulan melawan al-Qaidah.

Pasukan Yaman melancarkan serangan pada 12 Mei lalu yang ditujukan untuk merebut kembali kota-kota yang diambil alih Al-Qaidah selama tahun lalu, termasuk Abyan, kota Zinjibar dan dekat kota Jaar.

Militer telah berusaha untuk merebut kembali kota-kota yang diambil alih oleh gerilyawan tahun lalu dalam pemberontakan rakyat menentang Presiden Ali Abdullah Saleh yang secara resmi mengundurkan diri pada Februari tahun ini.

Qatan sendiri diangkat pada bulan Maret lalu hanya beberapa hari setelah Presiden baru terpilih Abdrabuh Mansur Hadi berkuasa dan berjanji untuk menghancurkan al-Qaidah di Semenanjung Arab.(fq/aby)