Kinerja 100 Hari Presiden Mesir yang Baru Bakal Diukur Lewat Situs

Kinerja 100 Hari Presiden Mesir yang Baru Bakal Diukur Lewat Situs

Sekelompok aktivis pemuda Mesir meluncurkan sebuah situs bernama Mursi Meter. Situs ini akan digunakan untuk memantau kinerja presiden baru Mesir agar dia tidak mengingkari janji-janjinya selama kampanye.

Aktibis pemuda Kairo ini membuat situs bernama di www.morsimeter.com. “Ini upaya mendokumentasikan program 100 hari pertama Mursi,” kata pembuat situs yang tidak menyebutkan nama, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Selasa kemarin (26/6).

Situs ini berisi lima janji penting dari 100 program Mursi yang ia pernah ucapkan selama kampanye yaitu pangan, lalu lintas, keamanan, bahan bakar, serta kebersihan. Di bawah poin itu tercatat rapi usulan-usulan solusi Mursi sehingga dapat diperiksa dan dipraktekkan di lapangan.

Beberapa janji kampanye Mursi yang dipantau khusus adalah soal lalu lintas. Dia menyarankan adanya lahan kosong untuk parkir dan pengaturan khusus bagi truk yang melewati jalan kota. Dia sekaligus menawarkan bonus bagi polisi yang terbukti jujur, sigap dan tanggap melindungi warga, menjaga ketertiban, serta menegakkan hukum.

Mursi sendiri berjanji bakal terus membangun keakraban antara polisi dan masyarakat yang sempat menghilang selama pemerintahan Husni Mubarak. Dia juga meminta adanya hukuman yang tegas bagi penyelundup bahan bakar.

Situs www.morsimeter.com mengklaim Mursi membuat 64 janji selama kampanyenya. Meteran yang terpasang akan mendokumentasikan setiap pelaksanaannya. Rakyat Mesir dapat melihat langsung prestasi kerja Mursi selama menjadi presiden.

Ada satu kekurangan dari situs ini yaitu tidak membuat penilaian atas janji Mursi yang akan menegakkan syariat Islam di Mesir.

Para pengamat menilai, situs ini bagian dari perubahan drastis di Mesir. Setelah revolusi 25 Januari menyebabkan jatuhnya rezim Mubarak, warga Mesir dapat mengungkapkan pendapat, kritik dan evaluasi secara terbuka kepada para pejabat.(fq/aby)