Khaldoon Al-Mubarak Membeli Dzeko Sebesar Rp 367,6 miliar

Khaldoon Al-Mubarak—ya, orang Arab kaya raya itu dan pemilik klub sepakbola Manchester City—secara pribadi melakukan campur tangan memboyong pemain bola asal Bosnia Herzegovina, Edin Dzeko ke klub sepak bolanya.

Nilai transfernya? 27 juta pounds atau Rp 367,6 miliar. Jumlah yang sangat fantastis. Di City, Dzeko akan digaji sebesar 150.000 pounds atau Rp 2,7 miliar per pekannya.

Khaldoon menghubungi wakil dari Dzeko di malam pergantian tahun baru 2010-2011 untuk menyampaikan tawaran kepada bintang Wolfsburg berusia 24 tahun itu.

Kontan, transfer ini menjadi transfer termahal di dunia sepakbola pada transfer window musim dingin ini.

Sebelumnya, pada transfer musim panas enam bulan lalu, Khaldoon Al-Mubarak sudah menghabiskan 150 juta Pounds (atau lebih dari Rp 2,5 trilyun) atau sepertiga dari total belanja klub-klub Liga Inggris yang sebesar 350 juta Pounds. J

umlah uang yang dikeluarkan tersebut untuk membeli Aleksander Kolarov, Yaya Toure, Jerome Boateng, David Silva, Mario Balotelli, dan James Milner. Semuanya adalah pemain bola top Eropa.

Seandainya uang sebesar itu diberikan untuk orang-orang di Afghanistan, atau di Palestina, yang kelaparan, atau di dunia Islam lainnya. (sa/dtk/rpblk)