Kerusuhan Penjara di Sana’a-Yaman , Mujahidin AQAP Berupaya Melarikan Diri

nasserPasukan keamanan Yaman berupaya menghambat  upaya  300 narapidana Mujahidin Al-Qaeda untuk melarikan diri paska pemberontakan dalam penjara Sana’a  , seorang pejabat keamanan Yaman mengatakan Rabu .

Pemberontakan itu meletus pada Selasa sore ketika hampir 300 tahanan mujahidin Al-Qaeda , bersenjatakan pisau dan besi , menyerang penjaga penjara , melukai beberapa dari mereka , ” kata pejabat itu , menambahkan bahwa petugas menginterogasi di antara mereka yang terluka .

Para tahanan ,menghancurkan pintu sel mereka dan membongkar penghalang keamanan pertama di penjara , menyita senjata dan mengambil beberapa penjaga sebagai sandera .

Menggunakan senjata , mereka bentrok dengan penjaga  penghalang keamanan kedua, dan disini pihak keamanan berhasil  menggagalkan upaya tahanan  untuk melarikan diri , ” kata pejabat itu .

Kebanyakan  tahanan terluka tapi tidak tewas , kata beberapa sumber .

Para tahanan membebaskan sandera mereka pada Rabu pagi setelah proses mediasi , kata pejabat itu , ia menambahkan bahwa polisi masih berusaha mengendalikan situasi di penjara .

Nasser al- Wuhayshi , komandan Mujahidin  Al-Qaeda di Semenanjung Arab – dipandang  oleh pihak Amerika Serikat sebagai kepala jaringan mematikan – Nasser Wuhayshi bersumpah pada bulan Agustus lalu untuk melepaskan anggotanya yang  dipenjarakan .

Wuhayshi sendiri lolos dari penjara yang sama di Sana’a dengan 22 anggota mujahidin lainnya dari AQAP pada Februari 2006 dan dinobatkan sebagai pemimpin kelompok itu setahun kemudian .

Saat itu para tahanan AQAP lolos dengan melalui  terowongan sepanjang 44 meter yang mereka buat antara sel mereka dengan sebuah masjid di dekatnya  dengan menggunakan alat seadanya. (Arby/Dz)