Kepala Staf Bersenjata Iran : Obama Jangan Lewatkan Kedekatan Dengan Iran

obama rowhaniHassan , Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran , mengatakan agar  presiden AS  tidak  membuang-buang kesempatan bersejarah besar  yang ditawarkan  oleh Teheran ke Washington .

Berita yang dikutip dari ” Tasneem ” Iran mengatakan , melalui pemerintah saat ini  , bahwa ” Iran telah membuka jalan diplomasi positif dan konstruktif , hal itu dapat menjadi langkah sejarah besar antar kedua negara, dan meminta pemerintah AS untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan segera mengambil  kartu truf ini karena mereka tidak akan berkuasa  selamanya . ”

Dia menambahkan: ” Ini adalah kesempatan khusus untuk perdamaian dan persahabatan di antara kedua negara ini  , tetapi rival Obama  di Amerika Serikat tidak ingin memberikan  Obama gunakan kartu truf ini . Hasan menganggap hal itu terjadi karena  pemerintahan AS menghadapi lawan dan pesaing di rumah sendiri , di mana mereka bekerja untuk mencari-cari kegagalan Obama .. Obama  harus berupaya menghindari mereka . ”

Tercatat hubungan resmi  antara Iran dan Amerika Serikat terjadi sejak  tahun 1979 setelah sekelompok mahasiswa menyerbu gedung Kedutaan Besar AS di Teheran dan menyandera  52  stafnya selama 444 hari . Sejak saat itu , kerjasama Iran dan AS tidak tampil secara formal dan resmi , tetapi kerjasama mereka berada dibelakang layar dalam beberapa kejadian dunia . Setelah kemenangan presiden baru Iran, Hassan Rohani , barulah langkah formal diplomatik  dengan Washington kembali akan terbuka. (IoL/KH)