Kepala CIA Katakan Teknik Penyiksaan Hasilkan Suksesnya CIA Membunuh Osama bin Laden

brennanKepala badan intelijen AS CIA membela para anak buahnya  dari tuduhan penyiksaan sadis atas tersangka terorisme tanpa manfaat keamanan untuk negara AS.

John Brennan mengatakan pada hari Kamis bahwa sementara pihaknya meminta pertanggungjawaban beberapa perwira yang melampaui batas-batas hukum asasi saat lakukan interogasi kepada tersangka , ia menegaskan bahwa CIA “melakukan banyak hal yang benar”  .

Pada hari Selasa, sebuah laporan Senat AS mengutuk CIA untuk kebrutalan dan penipuan atas teknik interogasi saat  pemerintahan George W Bush setelah serangan 11 September, 2001 .

Brennan juga mengatakan bahwa dengan  teknik penyiksaan dalam interogasi tawanan  walaupun secara luas dikecam oleh para kritikus Amerika dan internasional – menghasilkan keberhasilan CIA dalam  penangkapan dan pembunuhan tokoh utama Al Qaeda Osama bin Laden.

“Itu tugas kita untuk melaksanakannya,” katanya, mengacu strategi pemerintahan Bush untuk menginterogasi tersangka setelah serangan terhadap menara kembar World Trade Centre.

Senator di Komite Intelijen ,  Dianne Feinstein mengatakan teknik yang digunakan oleh CIA adalah “sangat brutal dan “teknik penyiksaan tersebut dapat menghasilkan informasi palsu” dari tahanan.

Dianne  Feinstein mengatakan dalam tweeternya , “Tidak ada bukti bahwa serangan teror dapat dihentikan, teroris ditangkap atau jalannya kehidupan diselamatkan melalui penggunaan EITS (teknik penyiksaan CIA dalam interogasi).” (Alj/Dz)