Kemendagri Maroko Perintahkan Dinas Keamanan Pantau Partai Islam yang Berkuasa dan Kelompok Islam

<span style=Perdana Menteri Abddullah bin Kiran
” />

Kementerian Dalam Negeri Maroko telah memerintahkan dinas keamanan secara nasional untuk memata-matai kegiatan Partai Islam moderat Keadilan dan Pembangunan (PJD) serta anggotanya sebagai bagian dari program pengawasan terhadap kelompok-kelompok Islam, media Maroko melaporkan Jumat ini (8/6).

Partai berkuasa dan sayap keagamaannya, Gerakan untuk Persatuan dan Reformasi, berada dalam daftar kelompok yang ditargetkan oleh kementerian dalam negeri politik dan agama, menurut laporan dari surat kabar al-Massae.

Target utama lainnya termasuk kelompok renaisan Islam dan Partai Kebajikan, gerakan amal dan Keadilan serta Gerakan jihad Salafi.

Daftar target itu dikirim ke berbagai pihak keamanan dan organ administrasi nasional serta menginstruksikan mereka untuk memantau dan melaporkan kegiatan anggota PJD yang berkuasa, termasuk beberapa menteri, menurut laporan media.

Abdellah Bouano, anggota parlemen PJD, mengatakan kepada Al-Massae bahwa masuknya partainya dalam program pengawasan kementerian dalam negeri tidak bisa diterima, mengatakan bahwa PJD adalah parta politik bukan partai agama.

Laporan ini bisa memberikan pukulan kepada koalisi pemerintah yang dipimpin oleh pimpinan PJD Abddullah bin Kiran.(fq/aby)