Kekurangan Dana, Sekolah Islam di Seattle AS Terpaksa Tutup Setelah 30 Tahun Beroperasi

Kekurangan Dana, Sekolah Islam di Seattle AS Terpaksa Tutup Setelah 30 Tahun Beroperasi

Setelah lebih dari tiga dekade melayani masyarakat, sebuah sekolah Islam di Seattle AS terpaksa ditutup karena kurangnya dana dan berkurangnya jumlah siswa yang masuk ke sekolah tersebut.

“Di sini, segala sesuatu diajarkan melalui kasih,” kata Zarbakhtah Kakar, seorang mantan siswa di Sekolah Islam Seattle (ISS), lapor Seattle Times.

“Jika anda melakukan kesalahan tidak menjadi masalah. Kami dapat membantu Anda untuk bangkit kembali.” Kakar, seorang asisten medis yang sekarang tinggal di Seattle, terdaftar sebagai siswa di ISS pada tahun 1985.

Seperti ratusan siswa lainnya, ia menemukan cinta dan pendidikan di sekolah, yang mengajarinya tentang pendidikan agama juga pelajaran akademis.

“Disinilah akar pendidikan Islam saya. Tanpa itu, saya merasa seperti telah kehilangan akar saya,” ujar Kakar.

Islamic School of Seattle (ISS) pertama kali dibuka pada tahun 1980, lebih dari 120 siswa yang menjadi pelajar di sekolah.

Namun pada tahun ajaran lalu, pendaftaran siswa semakin berkurang, hanya sekitar 20 siswa yang mendaftar. Sekolah ini menjadi kurang populer lagi masyarakat Muslim Seattle karena beragamnya sekolah-sekolah Islam lainnya yang mulai hadir di wilayah tersebut.

Berjuang dalam beberapa tahun terakhir untuk tetap bertahan dan juga bisa menyeimbangkan anggaran yang tidak stabil, sekolah terpaksa mengakhiri aktivitasnya setelah tahun 32 melayani masyarakat.

“ISS telah menjadi inkubator indah dari apa yang ada di Sekolah Islam di Amerika,” kata seorang pengunjung sekolah tersebut.(fq/oi)