Karena Tentara Israel Melindungi Tentara AS Di Luar Negeri

Duta Besar Israel untuk Washington, Michael Oren, mengatakan Minggu (4/4) bahwa hubungan antara AS dan Israel telah melindungi kehidupan tentara Amerika yang bertugas di luar negeri.

Ini karena selama ini Israel memasok Washington dengan kecerdasan dan peralatan yang diperlukan untuk kesejahteraan mereka.

Oren menanggapi pernyataan panglima Komando Sentral AS, Jenderal David Patraeus, yang berbicara tentang respons negara-negara Arab terhadap hubungan erat antara kedua negara (AS dan Israel).

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan CNN, Oren berkata bahwa jika Israel tidak ada, "ekstrimis" di daerah ini akan bergabung dengan Al-Qaidah dalam sentimen anti-Amerika. "Amerika lebih aman berkat kerjasama dengan Israel," tambahnya.

Lebih jauh, Oren mengatakan, Israel memasok AS dengan intelijen dan peralatan canggih untuk memerangi teroris.

Oren mendefinisikan hubungan kedua negara "sangat baik".

Mengenai sengketa konstruksi Yahudi di Yerusalem timur, Oren berkata bahwa Israel selalu melihat kota itu sebagai ibukota mereka, dan bahwa "setiap orang Yahudi atau Arab memiliki hak untuk membangun secara hukum di Yerusalem, seperti di kota-kota lain di negeri ini." (sa/ynet)