Jum’at, Puluhan Ribu Massa Ikhwan Berdemo Anti Militer dan Tuntut Kembalinya Mursi

demo pro mursiPuluhan ribuan pendukung Ikhwanul Muslimin berunjuk rasa di distrik Kota Kairo Nasr, melambaikan gambar Presiden Mohamed Morsi.

Massa di Nasr City meneriakkan slogan-slogan anti-militer, menyebut Abdul Fatah al-Sisi, panglima militer negara itu sebagai seorang pengkhianat yang menkudeta Murs minggu lalu.

Sebelumnya kubu pro-Mursi mengumumkan akan berdemo ke istana presiden, tapi jalan mereka dihadang  oleh Militer, sehingga demonstrasi dialihkan kembali ke Masjid Rabaa Al Adawiyah.

Sementara itu, anggota kelompok anti-Mursi Tamarod (Pemberontakan) dan massa sekuler Partai Front Keselamatan Nasional menyerukan orang-orang untuk berkumpul berbuka massa di Tahrir Square dan di depan Istana Presiden di Kairo.

Militer telah mengumumkan penyebaran demonstrasi di seluruh ibukota dan memastikan pertemuan demonstrasi kedua pihak tersebut tetap terpisah wilayahnya.

Militer mengatakan telah mengerahkan personel keamanan di sekitar instalasi vital di Kairo, termasuk istana kepresidenan, Garda barak Republik, Kementerian Pertahanan serta jembatan penting lainnya.

Pada hari Kamis, Ikhwanul Muslimin bersumpah untuk terus memprotes sampai Mursi kembali, meskipun fakta bahwa banyak dari pemimpin kelompok itu telah ditahan oleh tentara. (Aljazeera/DZ)