Julia Gillard, Perdana Menteri Australia, Keturunan Yahudi

Setelah berbulan-bulan penuh intrik, Perdana Menteri Australia Kevin Rudd akhirnya terdepak oleh rekan Partai Buruhnya sendiri, Julia Gillard.

Dalam konferensi pers pertamanya sebagai perdana menteri, Gillard tanpa tedeng aling-aling menjelas motifnya dalam mengalahkan Rudd. Rudd tidak lagi mendapat dukungan dari anggota partai dan masyarakat pada umumnya, dan itu membuatnya harus angkat kaki dari jabatannya.

Julia Eileen Gillard atau lebih dikenal dengan nama "Gillie" (lahir di Barry, Wales, 29 September 1961; umur 48 tahun) adalah Perdana Menteri Australia ke-27 dan wanita pertama yang menjadi perdana menteri Australia.

Gillard menjadi Pemimpin Partai Buruh Australia pada pemilihan 2010 dan pada tanggal 24 Juni 2010 disumpah sebagai perdana menteri baru hari itu juga. Dia sebelumnya menjabat sebagai Deputi Perdana Menteri Australia Kevin Rudd. Pada tanggal 11 Desember 2007 dia menjadi wanita pertama dalam sejarah Australia yang menjalankan peran perdana menteri sementara ketika dia menggantikan Rudd dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB di Bali.

Gillard juga merupakan perdana menteri pertama kelahiran luar negeri sejak Billy Hughes, yang menjabat 1915-1923, dan perdana menteri pertama Australia yang tidak pernah menikah (John McEwen seorang duda selama menjabat perdana menteri, dan kemudian menikah lagi).

Gillard telah menjadi anggota Partai Buruh sejak pemilu federal 1998. Dia berasal dariDivisi Lalor, barat Melbourne.

Pada tanggal 23 Juni 2010, setelah pertemuan sepanjang malam antara Gillard dan Kevin Rudd, kemudian Rudd menemui media pada pukul 10.30 pm dan mengumumkan bahwa Gillard telah meminta Rudd untuk mengundurkan diri atau terus memegang kepemimpinan suara dengan kaukus anggota berjumlah 115. Ini untuk menentukan kepemimpinan Partai Buruh dan juga perdana menteri Australia.

Gillard tidak pernah menikah atau punya anak. Pasangannya sejak tahun 2006, Tim Mathieson, adalah seorang penata rambut Gillard. Juru bicaranya mengatakan bahwa dia adalah seorang Baptis "non-praktisi" dan "tidak religius." Menurut salah satu jawaban di wiki.answer, Gillard mempunyai keturunan Yahudi dari ayahnya. (sa/gulfnews/wikipedia/wiki.answer)