Jihadis Akan Publikasikan Video Abu Yahya Al-Libi yang Diklaim AS telah Tewas

Jihadis Akan Publikasikan Video Abu Yahya Al-Libi yang Diklaim AS telah Tewas

Sebuah situs web telah memposting pesan dari kelompok-kelompok jihadis hari minggu kemarin (10/6) yang mengatakan bahwa mereka akan mempublis pesan video dari Abu Yahya al-Libi, orang kedua al-Qaidah yang Washington katakan telah tewas dalam serangan pesawat tak berawak di Pakistan pekan lalu.

“Segera, Insya Allah akan ada pesan visual dari Syaikh Abu Shalih Yahya al-Libi, semoga Allah melindunginya,” kata pemberitahuan yang diposting di forum jihadis, namun tidak ada penjelasan mengenai kapan pesan itu direkam.

Pemerintah AS sendiri mengklaim telah melakukan pembunuhan terhadap Abu Yahya al-Libi, yang selamat dalam serangan sebelumnya, dan hal ini menjadi pukulan serius bagi Al-Qaidah, di mana ia dianggap memainkan peran kunci dalam merekrut anak-anak muda untuk berjihad.

Libi, seorang ulama yang nama aslinya adalah Muhammad Hassan Qaid, melarikan diri dari tahanan AS di Afghanistan pada tahun 2005 dan setidaknya beberapa kali dilaporkan tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS.(fq/reu)