Jenderal Iran Tewas dalam Pertempuran dengan Islamic State

Taqavi02Garda Revolusi Iran mengatakan salah satu komandan seniornya tewas dalam pertempuran melawan Negara Islam di Irak.

Garda mengatakan dalam sebuah pernyataan online hari Minggu bahwa Brig. Jenderal Hamid Taqavi itu “martir saat melakukan misi penasihat untuk menghadapi teroris ISIS  di Samarra.”

Taqavi diyakini sebagai Jenderal militer berpangkat tertinggi Iran yang  tewas di Irak ketika bertempur  melawan ISIS, yang kuasai sebagian besar Irak utara dan barat sejak awal tahun ini.

Garda mengatakan Taqavi yang membantu sebagai penasehat pasukan Irak dan milisi  Syiah di kota  Samarra, di utara kota Baghdad yang merupakan rumah sucinya agama  Syiah . Dikatakan prosesi pemakaman jenderal itu akan diselenggarakan di Teheran, Senin.

Iran telah mendukung pemerintah Irak dengan penasihat militer dan senjata sejak awal adanya perlawanan  ISIS. Iran  berdusta terhadap dunia bahwa negaranya mengklaim telah menolak tawaran AS untuk terlibat dalam koalisi internasional dalam memerangi  ISIS ‘.

Angkatan udara Iran telah diketahui terlibat dengan  menggunakan jet tempur buatan Amerika F-4  phantom menyerang posisi ISIS di Irak timur, koresponden CBS News David Martin melaporkan. (CBS/KH)