Jejak Islam di Kanada, Sudah Ada Sebelum Negara Itu Lahir

Sementara itu, James dan Agnes tiba di Ontario selata pada 1851 dan menetap di sana. Tiga tahun berlalu, Agnes melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama seperti ayahnya. Anak mereka inilah yang kemudian dikenal menjadi Muslim kelahiran Kanada pertama dan paling dikenal.

Tidak sampai di situ saja, pasangan ini dikarunia tujuh anak lagi termasuk yang termuda bernama Alexander. Ia lahir pada 1868, satu tahun setelah Kanada didirikan.

John dan Martha Simon

Pada 1871, keluarga Muslim lainnya tiba di Ontario Selatan.Pasangan muda tersebut diketahui bernama John dan Martha Simon. Mereka lahir di Amerika Serikat tetapi merupakan anak-anak imigrain dari Eropa.

Kedatangan John, Martha, dan anak-anak mereka, membuat total Muslim yang tercatat di sensus Kanada pada tahun 1871 menjadi 13 orang. Tentu saja melakukan sensus penduduk adalah tugas yang sangat kompleks dan sulit dilakukan pada akhir abad ke-19. Ada kemungkinan bahwa ada lebih banyak Muslim yang tidak sempat tercatat.

Tiga dekade kemudian atau setengah abad setelah James dan Agnes tiba, sensus pada 1901 mencatat 47 Muslim berdomisil di Kanada, meskipun tidak diketahui secara pasti berapa banyak dari mereka yang masuk dalam keluarga Love atau Simon.

Setidaknya, saat ini segelintir imigran-imigran Muslim di Kanada dilaporkan turut menjadi bagian penting dalam sejarah Islam di Kanada. Mulai dari Klondika Gold Rush dan pembangunan Canada Pacific Railway. Pada 2017 lalu, Kanada merayakan hari jadinya yang ke 150 tahun sekaligus menandakan kehadiran Muslim di negara tersebut yang sudah ada sejak 166 tahun lalu. (okz)