Jejak Islam di Kanada, Sudah Ada Sebelum Negara Itu Lahir

Eramuslim – MUSLIM merupakan minoritas di Kanada, namun jejak Islam sangat panjang di sana. Berdasarkan bukti-bukti sejarah, Muslim telah telah berada di sana sejak 1851 atau lebih dari satu dekade sebelum negara itu lahir atau didirikan.

Meski begitu beberapa sejarawan berspekulasi bahwa interaksi antara Muslim Mandigo dengan orang asli Amerika bisa saja terjadi sebelum kedatangan Chrisptopher Columbus pada 1492. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai jejak Islam di Kanada sebagaimana dilansir dari Aboutislam, Jumat (4/10/2019).

Perdagangan Budak

Beberapa pihak percaya bahwa kehadiran Islam di Kanada berawal dari perdagangan budak yang terjadi pada 1492. Kala itu Muslim di Amerika Utara dikabarkan melakukan pelayaran dari Teluk Meksiko sampai ke Sungai Mississippi dan arah selatan Manitoba serta Saskatchewan. Namun hingga saat ini kabar tersebut masih sekadar spekulasi karena hanya sedikit bukti dokumentasi yang mendukungnya.

Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa Muslim Afrika yang dibawa ke kawasan Amerika telah dijadikan budak. Status muslim itu dilepaskan secara sepihak ketika datang ke Kanada. Kemudian belakangan, yakni 1833 perbudakan dihapuskan di Kanada.