Jangan Menyebutnya 'Masjid Ground Zero'

The Associated Press mengeluarkan anjuran pada hari Kamis kepada wartawan, agar tidak menyebut "Masjid Ground Zero" atau "Masjid World Trade Center" terhadap bangunan yang sekarang ini tengah menjadi pembicaraan yang cukup hangat.

Menurut rencana, bangunan itu, yang disebut sebagai Park51, adalah hanya sebuah pusat komunitas, namun sering salah diidentifikasi sebagai masjid.

"Kita harus terus menghindari frase ‘Masjid Ground Zero’ di semua platform," begitu isi anjuran yang dikirim oleh Deputy Managing Editor AP untuk Standar dan Produksi, Tom Kent.

"Situs pusat Islam dan masjid yang diusulkan tidak di ground zero, tapi dua blok jauhnya dari kawasan komersial. Kita harus terus bilang letaknya ‘dekat’ ke ground zero, atau dua blok dari sana," katanya.

Sekadar catatan, ibadah salat sebenarnya telah diselenggarakan sejak 2009 di gedung tersebut. Dan proyek baru yang digadang-gadang itu akan memebangun pusat komunitas Islam baru yang lebih besar mencakup sebuah masjid, kolam renang, gimnasium, aula dan fasilitas lainnya. (sa/palestinenote)