Jamuan “Para Dewa” Man City, Sheikh Mansour?


Jadi, dimana sebenarnya posisi bangsa Arab sekarang ini? Huru-hara terus berjalan, namun berbagai ironi pun tak pernah berhenti.

Di saat Iraq tengah porak-poranda, Mesir dan Saudi khidmat menyambut presiden AS, Barack Obama. Di saat Palestina tengah berduka, seorang anggota kerajaan di negara Timur Tengah sibuk menyiapkan festival film dan membuka kembali bioskop. Di saat Afghanistan bergejolak, sekarang, Uni Emirat Arab (UEA), menyambut sebuah kesebelasan sepakbola di negaranya dengan jamuan tingkat tinggi para dewa.

Seperti diketahui, saat ini kesebelasan sepakbola asal Inggris, Manchester City tengah melakukan liburan selama dua pekan. Ini karena kompetisi liga tengah libur akibat jadwal pertandingan internasional.

Nah, Man City yang dimiliki oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan asal UEA ini diberikan liburan gratis ke negeri itu. Tidak tanggung-tanggung, pelayanan yang diberikan pun merupakan kelas top dunia. Di sana, klub ini akan melakukan sedikit pekerjaan untuk meluruskan urat-urat mereka yang tidak dipakai main bola, yaitu bertanding dengan tim nasional UEA!

Dalam pemberangkatannya, semua staf dan ofisial serta pelatih City menggunakan penerbangan Etihad kelas utama, yang tentu saja mewah dan mahal. Anda tahu berapa harga penerbangan sekali dari Manchester ke Abu Dhabi? 699 poundsterling per orang! Kalikan dengan kebutuhan satu tim, walau tidak semua ikut serta karena harus membela pertandingan internasional negaranya.

Setiba di sana, para pemain klub ini langsung ditempatkan di hotel bintang tujuh Emirates Hotel yang tarif per malamnya tentu saja mungkin cukup untuk biaya sekolah seorang anak di Gaza selama 20 tahun.

Para pemain dan ofisial City pun jelas merasa senang. Mandi sinar matahari yang hangat, berenang di bawah udara 30 derajat celcius, dan bermain bola di lapangan yang ditaburi oleh lampu yang megah. Sementara, sekali lagi, orang-orang Arab di negara lain tengah sekarat karena kelaparan dan perang yang sebabnya tak pernah jelas.

Tahukah itu Anda, Sheikh Mansour? (sa/mcfc)