Israel Setuju untuk Hentikan Serangan ke Gaza Selama Kunjungan PM Mesir

Israel akan menghentikan tindakan ofensif mereka di Jalur Gaza selama kunjungan tiga jam yang dilakukan oleh perdana menteri Mesir ke wilayah itu pada hari Jumat ini (16/11), Reuters melaporkan mengutip pernyataan seorang pejabat senior pemerintah Israel.

Perdana Menteri Mesir Hisyam Kandil siap untuk mengunjungi Jalur Gaza dalam bentuk solidaritas dengan pejuang Hamas yang terlibat dalam eskalasi konflik baru dengan Israel.

“Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah menyetujui permintaan Mesir untuk menghentikan semua operasi ofensif di Gaza selama kunjungan perdana menteri Mesir di sana pagi ini, yang diperkirakan berlangsung selama sekitar tiga jam,” kata pejabat itu.

“Dalam jawaban yang telah diteruskan ke Mesir, kami telah mengatakan bahwa Angkatan Pertahanan Israel akan melakukan gencatan senjata dengan syarat bahwa tidak akan ada tembakan dari Gaza ke Israel selama periode itu,” kata pejabat tersebut menambahkan.

Pesawat perang Israel melakukan serangan udara baru pada beberapa Jalur Gaza, termasuk beberapa hits di Kota Gaza pada Jumat pagi, wartawan AFP dan keamanan Hamas sumber mengatakan.(fq/aby)