Israel Sambut Sikap Saudi Kritik Hizbullah

Sejumlah sumber Israel mengeluarkan penghargaan atas sikap kerajaan Saudi Arabia yang mengkritik Hizbullah Libanon. Media massa Israel bahkan meletakkan berita itu sebagai headline dan fokus pemberitaan mereka di hari Ahad (16/7).

Seluruhnya menuangkan sambutan petinggi Israel terhadap pernyataan sikap yang dikeluarkan Kantor Berita Kerajaan Saudi Arabia, dan berharap agar hal ini dapat membelah opini antara peperangan legal dengan peperangan ‘tindakan yang tidak logis’ yang dilakukan Hizbullah Libanon.

Harian Maaref berbahasa Ibrani misalnya memuat headline dengan tulisan “Saudi Lawan Hizbullah”. Di sana, disebutkan bahwa sikap Saudi akan memicu perselisihan hebat dengan Hizbullah Libanon, lantaran kritik Saudi terhadap aksi militer Libanon terhadap Israel. Di sisi lain, kritik itu juga akan semakin mengobarkan serangan Israel terhadap Libanon. Seorang narasumber dari jajaran Israel yang menolak disebutkan identitasnya, dalam artikel Maaref mengatakan, “Dengan begini, Saudi berarti menolak tindakan yang dilakukan Hizbullah Libanon terhadap Israel.”

Sejumlah pengamat heran dengan sikap Saudi yang berbeda terhadap masalah yang dialami Libanon. Sebab selama ini, Saudi jelas menentang pendudukan Israel di Libanon. Publik Saudi pun selama ini menentang pendudukan Israel di Libanon dan Palestina. Dengan judul “Saudi Serang Militer Hizbullah karena Culik Dua Serdadu Israel”, harian Haaretz Israel juga mendukung pernyataan Saudi. Sementara harian Yodiot Aharonot menuliskan, “Apa yang kami dengar dari Saudi, khususnya serangan Hizbullah terhadap Israel dan penawanan dua serdadu Israel, merupakan suara yang berbeda sama sekali dari apa yang kami dengar dari sejumlah negara Arab pada saat ini.”

Sikap Saudi memang melontarkan kecaman terhadap pihak yang berada di balik kekacauan keamanan dengan Israel. Secara tidak lazim, Saudi juga melontarkan kritik sangat jelas kepada Hizbullah dan kelompok pendukungnya di Teheran. Pernyataan Saudi juga menyebut bahwa kelompok itulah yang harus bertanggung jawab secara penuh atas berbagai tindakan yang dilakukan. (na-str/iol)