Israel Kembali Gempur Ghaza dari Darat dan Udara

Israel mengerahkan pesawat-pesawat tempur, tank-tank dan buldosernya selatan Jalur Ghaza, Rabu (7/5). Saksi mata dari kalangan warga Palestina mengungkapkan, sekitar 25 tank dan buldoser yang dilengkapi dengan persenjataan, memasuki perbatasan Khan Younis, sebelum fajar.

Para dokter di Ghaza menyebutkan, serangan darat dan udara Israel hari Rabu dinihari, menyebabkan lima warga Palestina luka-luka.

Sementara itu di Tepi Barat, seorang pemuda Palestina bernama Mo’men Fawwaz gugur dalam baku tembak antara pasukan keamanan Presiden Mahmud Abbas dengan sekelompok orang bersenjata, Selasa (6/5). Fawwaz tertembak ketika berusaha menghindari baku tembak yang terjadi di sebuah kafe di kota Qabatya, dekat Jenin, sebelah utara Tepi Barat.

Insiden ini terjadi setelah Presiden Palestina mengerahkan ratusan aparat keamanan nasional dan pasukan pengawal presiden ke kota Jenin, sejak akhir pekan kemarin. Pengerahan pasukan ini adalah bagian dari operasi keamanan Presiden Abbas dengan dukungan AS, untuk menghentikan aktivitas kelompok bersenjata di Palestina, sebagai syarat bagi berdirinya negara Palestina.

Operasi keamanan ini merupakan operasi keamanan terbesar kedua yang dilakukan otoritas pemerintah Palestina di kota-kota penting di Tepi Barat. Tahun lalu, operasi keamanan serupa di lakukan di Nablus berkordinasi dengan pihak Israel. (ln/aljz/presstv)