Ismail Al-Jazari, Ilmuwan Muslim Pelopor Perkembangan Robot Modern

Eramuslim – ILMUWAN muslim ternyata punya peran penting dalam perkembangan teknologi modern. Seperti kisah inspiratif dari sosok ilmuwan bernama Ismail Al-Jazari. Pria asal Anatolia (kawasan Asia Timur) ini telah lama dikenal berkat penemuan canggihnya di bidang science, termasuk menjadi pelopor sekaligus pengembang robot pada abad pertengahan.

Melansir laman TRTWorld, Minggu (7/6/2020), Jazari juga berhasil menciptakan sejumlah alat canggih yang masih sangat relevan sampai saat ini. Termasuk pompa air yang digunakan untuk mendistribusikan air ke rumah dan pertanian warga.

Metode yang digunakan Jazari adalah memanfaatkan hydropower dan bantuan elephant clocks (alat pengatur waktu). Alat tersebut nantinya akan bekerja sesuai dengan jumlah jam yang telah disesuaikan.

Secara rinci, alat ini beroperasi dengan bantuan sinar matahari. Ketika matahari terbit, permukaan berwarna hitam di atas jam akan bereaksi dengan menggunakan model juru tulis (scribes pen).

Selain itu, pergerakan jam juga diatur oleh perforated floating bowel, atau sebuah mekanisme yang dibuat dengan hati-hati dan diletakkan di dalam tangki pompa yang dia sebut elephant’s body. Kombinasi mekanisme inilah yang kemudian menciptakan metode katrol atau otomatisasi.