Islam Terbesar Kedua di Italia, Tapi Tak Diakui Pemerintahan Italia

masjid italiaAnggota komunitas Muslim Italia telah  membahas masalah yang dihadapi minoritas Islam di Italy  , dan  menyoroti kontribusi Muslim bagi perekonomian Italia dan mengeluh tentang kurangnya status resmi bagi kelompok agama terbesar kedua di negara ini .

Angka dari badan statistik nasional ” Istat mengatakan bahwa saat ini ada sekitar 1.700.000 Muslim di Italia , ” kata Izzedin Elzir , Imam Florence dan kepala asosiasi  Muslim Unione delle Comunità e Organizzazioni Islamiche di Italia ( UCOII ) , kantor berita ANSA melaporkan pada hari Selasa, 11 Februari.

” Ada lebih dari 700 masjid di Italy , ” tambah Elzir .

Konferensi ini diadakan di Niccolò Cusano University dan dihadiri oleh beberapa  anggota terkemuka dari komunitas Muslim Italia .

Berbicara di konferensi , Elzir sebutkan peran Muslim berkontribusi dalam ekonomi Italia .

” Muslim telah membuat kontribusi  untuk 4-5 % dari PDB nasional, ” kata Elzir .

” Islam merupakan nilai tambah bagi Italia . ”

Meskipun ” nilai tambah ” komunitas Muslim berefek baik bagi  Italia , tetapi Muslim di sana tidak memiliki status resmi , imam tersebut menambahkan .

” Terlepas dari kenyataan bahwa kebebasan beragama diatur  dalam Konstitusi , tetapi tidak adanya undang-undang yang dihasilkan telah menyebabkan komunitas Muslim de facto tidak diakui oleh Negara Italia.”

Tetapi Italia punya aturan bagi agama lainnya  seperti Yahudi dan Budha .

Agostino Cilardo , ahli hukum Islam di Naples Orientale University, berbagi keprihatinan yang sama .

” Masalah kurangnya representasi adalah salah satu yang konkret , tidak hanya satu yang resmi , ” kata Cilardo .

” Ketika Anda menyusun kesepakatan di pemerintahan . kita kesulitan  siapa yang bisa berbicara atas nama umat Islam di Italia , ” katanya .

Kurangnya status resmi berarti setiap organisasi Muslim tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pendanaan melalui hukum Italia yang memungkinkan wajib pajak dapat  mengalokasikan sebagian dari pajak mereka ke kelompok agama pilihan mereka . (OI,net/KH)