IS(IS) Kembali Berhasil Tembak Jatuh Helikopter Irak

Soldiers run towards a helicopter as they evacuate a fellow comrade acting as an injured soldier during a military drill southeast of BaghdadMujahidin Negara Islam  pada hari Rabu , kembali menembak jatuh sebuah helikopter  militer Irak, menewaskan dua pilotnya dalam insiden kedua dalam seminggu dan meningkatkan kekhawatiran pihak koalisi dan pemerintahan Irak tentang kemampuan IS  untuk menyerang balik pesawat yang lakukan  Serangan udaranya.

Menurut dua pejabat Irak, IS  menggunakan rudal bahu untuk  jatuhkan helikopter  Bell 407 , yang jatuh tepat di utara kota kilang minyak Baiji, yang terletak sekitar 200 kilometer (130 mil) utara Baghdad.

Pilot dan co-pilot keduanya tewas dalam serangan itu, kata seorang pejabat penerbangan militer mengatakan kepada  Associated Press.  Ini adalah helikopter militer Irak kedua ditembak jatuh oleh IS(IS) di  Baiji dalam satu minggu terakhir . Sebelumnya IS(IS) menembak jatuh sebuah helikopter Mi-35 dekat Baiji pada hari Jumat pekan lalu , juga membunuh pilot dan co-pilot dalam serangan itu.

Kedua insiden tersebut menyoroti kemampuan IS(IS) untuk melawan operasi udara koalisi , berpotensi menempatkan resiko serangan udara pimpinan AS di Irak dan Suriah. Beberapa mujahidin IS(IS)  mungkin telah menangkap beberapa senjata canggih, seperti rudal darat-ke-udara yang mampu menembak jatuh pesawat saat mereka menguasai  pangkalan militer Irak pada musim panas ini. (Arby/Dz)