ISAF: Taliban Bertanggung Jawab Atas 25% Serangan Terhadap Tentara NATO

ISAF: Taliban Bertanggung Jawab Atas 25% Serangan Terhadap Tentara NATO

Sekitar 25 persen dari serangan green-on-blue oleh pasukan keamanan Afghanistan terhadap pasukan asing pimpinan Amerika di Afghanistan berasal dari penyusup Taliban, seorang komandan NATO mengatakan.

Jenderal AS John Allen, komandan kepala Pasukan Bantuan dan Keamanan Internasional (ISAF) di Afghanistan, mengatakan estimasi nya bahwa seperempat dari serangan “orang dalam” adalah berasal dari kelompok pemberontak.

Angka ini jauh lebih tinggi dibanding 10 persen yang diperkirakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon.

Dalam pesan Idul Fitri kepada rakyat Afghanistan, pemimpin Taliban Mullah Omar mengaku bertanggung jawab, mengatakan bahwa Taliban telah menyusup di jajaran musuh sesuai dengan rencana yang diberikan kepada mereka.

Menurut hitungan NATO, sampai dengan 42 tentara asing telah tewas dalam 33 serangan green-on-blue sejak awal tahun ini, termasuk 12 prajurit yang kehilangan nyawa mereka dalam serangan tersebut sejauh bulan ini.

Sementara jumlah keseluruhan serangan kemungkinan akan jauh lebih besar dari apa yang diperkirakan NATO dan Pentagon.

Dalam serangan green-on-blue terbaru pada Senin kemarin (27/8), seorang anggota Tentara Nasional Afghanistan menyerang pasukan pimpinan Amerika di Provinsi Laghman di Afghanistan timur, menewaskan dua tentara asing.(fq/prtv)