IS Semakin Kuasai Kota Penghasil Minyak , Baiji-Irak

Iraqi Shiite fighters pull down an Islamist State flag after taking control of Saadiya from Islamist State militantsNegara Islam melakukan pertempuran sengit menghadapi  pasukan pemerintah Syiah Irak di  Baiji, Selasa – sekitar 200km utara ibukota Baghdad – seminggu setelah  pengepungan berkepanjangan atas  kilang minyak terbesar di negara itu  , menurut sumber militer .

Pejuang IS menguasai empat wilayah dari  12 wilayah di Baiji , serta daerah  kompleks pengeboran minyak yang luas. Sedangkan militer Syiah Irak mengendalikan bagian selatan,  menurut penduduk Baiji .

Pada hari Senin IS merilis sebuah video  di Internet yang menunjukkan fakta keberadaan mereka di Baiji.

“Mereka menyusup beberapa daerah,” salah satu Mujahidin IS  mengatakan, mengacu pada pasukan keamanan Syiah Irak. “Tapi, in-sya Allah, mereka akan menarik diri atau mereka akan kami bunuh.”

Seorang warga dari kota sekitar 200 kilometer sebelah utara Baghdad mengatakan IS melancarkan serangan pada Senin malam di pusat Baiji, dan bergerak  ke kabupaten Asri ,  Naft dan wilayah Kahraba .

Sekitar kilang, IS masih kuasai  sebuah kompleks perumahan di tepi barat dan menggali parit di perbukitan Makhmour menghadap instalasi dari utara,  kata warga.

Di sebelah timur, Mujahidin IS bisa terlihat menyeberangi sungai Tigris terdekat dengan beberapa perahu.

IS merebut Baiji dan banyak kilang selama serangan Juni ketika menyapu arah selatan menuju ibukota Baghdad, menguasai kota, lahan pertanian dan ladang minyak dengan  hampir tidak ada perlawanan dari pasukan pemerintah Syiah Irak yang tunggang langgang. (Arby/Dz)