Iraq Membaik; Membaik Apanya?

Lima gubernur AS yang mengunjungi Iraq mengatakan hari Rabu kemarin bahwa kondisi Iraq telah membaik. Untuk itu, Gubernur Missouri, Jay Nixon niat Presiden Barack Obama untuk menarik pasukan AS menjadi 50.000 tentara bisa dilakukan 1 September mendatang.

Dalam kunjungan itu ikut serta adalah Gubernur Massachusetts, Deval Patrick; Tim Pawlenty (Minnesota), Mike Rounds (South Dakota) dan Jim Douglas (Vermont). Nixon mengatakan Letjen Kenneth Hunzeker, wakil komandan pasukan Amerika di Iraq dan komandan yang bertanggung jawab atas penarikan, sudah memberikan penjelasan kepada mereka akan pengurangan pasukan Amerika.

"Saya rasa Amerika Serikat jelas mulai mengurasi pasukan hingga 50.000 pasukan mulai 1 September," kata Nixon, seorang Demokrat. "Pada saat yang sama, negara (Iraq) akan semakin aman, dan insiden keamanan mungkin terjadi, tetapi lebih sedikit."

Pawlenty dan Rounds juga mencatat adanya perbaikan kondisi di Iraq.

Pawlenty, seorang calon presiden GOP kelima sudah melakukan perjalanan ke Iraq sebanyak lima kali. "Ada gelora penuh harapan di sini, perasaan yang lebih stabil daripada beberapa perjalanan terakhir saya sebelumnya," katanya.

Sedangkan Rounds, seorang Republikan, menyatakan optimisme tentang perjuangan Iraq dalam membentuk pemerintah baru.

Tuan-Tuan Gubernur, seharusnya menggarisbawahi, sebaik apapun itu Iraq sekarang, rakyatnya tidak akan pernah sama lagi. Invasi pasukan asing telah menghancurkan semuanya. (sa/aby)