Intelijen Somalia : Pimpinan Intelijen Al Shaabab, Abdishakur Gugur dalam Serangan AS

sabaabSeorang pimpinan intelijen  al-Shabaab Somalia telah gugur  dalam serangan udara AS,  pemerintah Somalia umumkan  pada hari Selasa.

“Dalam operasi gabungan tadi malam dengan keamanan nasional Somalia dan Amerika Serikat, kepala intelijen al-Shabaab Abdishakur, juga dikenal dengan nama  Tahlil, tewas,” kata Badan Keamanan Nasional Somalia dalam sebuah pernyataan Selasa .

“Dua anggota shabaab lainnya juga tewas dalam serangan itu,” katanya, menambahkan serangan udara terjadi di dekat kota Saacow, 320 kilometer (200 mil) barat dari ibukota Mogadishu dan di wilayah Juba Tengah.

Sebelumnya, Pentagon mengatakan pesawat perang AS melakukan serangan di Somalia selatan menargetkan pemimpin senior milisi al-Shabaab. Kirby tidak segera mengidentifikasi siapa nama pemimipin mujahidin  yang ditargetkan .

Pejabat Somalia pekan lalu mengumumkan bahwa Zakariya Ismail Ahmed Hersi, yang diidentifikasi oleh barat sebagai kepala intelijen al Shaabab sebelumnya, yang kepalanya dinilai AS sebesar  $ 3.000.000 telah menyerahkan  diri kepada pasukan pemerintah dan saat ini berada di tahanan .

Seorang mujahidin Shaabab yaitu,  Mahad Ali Mohamed, yang juga dikenal dengan nama Karate,  telah diidentifikasi oleh sumber-sumber intelijen sebagai pengganti potensial untuk pimpinan Shaabab, Godane. (Arby/Dz)