Institut Pendidikan Tinggi Islam Pertama akan Dibuka di Filipina Selatan

Eramuslim.com – Daerah Otonomi Islam Bangsamoro Mindanao (BARMM) di barat daya Pulau Mindanao akan membuka institusi pendidikan tinggi Islam pertama di Filipina. Menteri Pendidikan Bangsamoro Mohagher Iqbal mengatakan undang-undang terkait perencanaan tersebut diharapkan disetujui bulan depan.

“Saya kira, jangka waktu terlama untuk disahkannya RUU yang kini sudah dinyatakan penting ini akan selesai pada bulan September,” ujar Menteri Pendidikan Dasar, Tinggi dan Tekni Propinsi tersebut kepada Arab News

“Tetapi saya sangat berharap hal itu akan disetujui juga pada bulan Agustus ini,” katanya.

Dikatakannya, dengan disahkannya RUU tersebut berdasarkan kewenangan yang diberikan kepada pemerintah BARMM, berarti disetujui pembentukannya.  RUU pendirian lembaga pendidikan Islam pertama telah diajukan ke DPRD mulai September 2022.

Lembaga Kulliyyah rencananya akan dibangun di Buluan, ibu kota negara bagian Maguindanao del Sur, yang juga dikenal sebagai wilayah selatan Maguindanaw  Institusi ini akan menerima mahasiswa dari tingkat sarjana hingga pascasarjana, menjadikannya satu-satunya institusi tingkat tinggi yang dikembangkan di negara bagian yang terlibat. Muslim mewakili enam persen dari 110 juta penduduk Filipina, yang mayoritas beragama Katolik.  Mayoritas Muslim tinggal di Filipina selatan di kepulauan Mindanao dan Sulu.

(Hidayatullah)

Beri Komentar