Inilah Perencanaan Wilayah Kekhilafahan Versi IS

ISIS-Map-300x224Banyak pemerintahan dunia menyambut seruan AS bahwa  Negara Islam di Irak dan Syam (Levant) – biasa disebut ISIS- sebagai organisasi teroris yang sangat militan , jauh lebih bahaya dibanding al-Qaeda , mengobarkan perang gerilya dengan terorganisir. Dengan gaya Afghani, truk pickup, semua seragam berwarna , berjenggot, sorban, kerudung dan ikat kepala dengan tulisan Arab .

Bahkan, mereka menganggap ISIS jauh lebih dari sebuah organisasi teroris; dan  dianggap sebagai  negara teroris dengan hampir semua unsur . Selama tiga tahun terakhir, sejak awal perang saudara di Suriah, Negara Islam dikembangkan dari mujahidin dari  faksi marginal yang berpartisipasi dalam perang sipil untuk menjadi milisi terkuat, paling ganas, terbaik pendanaannya  dan terbaik persenjataannya hari ini di Suriah dan Irak.

Apa nama entitas ini dan apa batas-batas wilayahnya Negara Islam?

Sejak hari-hari pertama kemunculannya di Suriah pada tahun 2011, organisasi ini dikenal sebagai ISIS. Namun, sejak deklarasi di musim panas 2014  pembentukan kekhalifahan Islam dipimpin oleh Ibrahim ‘Awad Ibrahim Al Badri al Samarra’i, alias Abu Bakr al-Baghdadi – sekarang diri menyatakan “Khalifah Ibrahim” – ISIS telah menjelma menjadi “Negara Islam” (Al Dawla Al Islamiyah/IS) untuk menekankan fakta bahwa wilayah Khilafah tidak terbatas pada Irak, Suriah, Israel (Palestina), Yordania , namun perluasannya  jauh melampaui anggapan banyak pihak.

Menurut peta yang diterbitkan oleh Negara Islam, wilayah Negara Islam akan mencakup :

– Andalus di Barat (Spanyol) dan membentang dari Afrika Utara – Maghreb – (dan seluruh Afrika Barat termasuk Nigeria) melalui Libya dan Mesir (dianggap satu unit geografis – Ard Al-Kinana)

– Ard el Habasha (dari Kamerun di barat, Afrika Tengah, negara-negara danau Victoria, Ethiopia dan Somalia)

– Hijaz (Arab Saudi, negara-negara Teluk), Yaman sampai Khurasan di timur

– Republik-republik di asia tengah dimulai dengan Azerbaijan dan termasuk Pakistan dan bagian barat Cina Selatan, tanah kaum Muslim asal Turki, Uyghur.

– Iran dan Turki (bernama Anadol) secara keseluruhan

– dan sebagian Eropa (terutama negara-negara Balkan, lebih atau kurang sesuai dengan perbatasan  Kekaisaran Ottoman dengan wilayah Austro-Hungaria) …. (JL/KH)