Ini Alasan Arab Saudi Tak Pisahkan Pria dan Perempuan di Restoran

Eramuslim – Jika kamu melancong ke Arab Saudi, jangan heran kalau kamu bisa menyaksikan pria dan perempuan makan di restoran tanpa dipisahkan oleh dinding pemisah. Akhir-akhir ini Arab Saudi mengakhiri segregasi atau pemisahan bagi pelanggan pria dan perempuan di restoran. Di negara konservatif tersebut dulu orang yang berbeda gender dilarang makan bareng.

Kini Arab Saudi mengakhiri larangan itu. Pria dan perempuan boleh makan di ruangan yang sama  sebab pelanggan pria dan perempuan tak dipisahkan lagi.

Dilansir dari Arab News, Rabu (29/1/2020), saat ini pria dan perempuan tidak perlu memasuki restoran melalui pintu yang berbeda.

General Manager PR and Media di Kementerian Urusan Kota dan Pedesaan, Naif Al-Otaibi mengatakan, pemisahan gender saat ini hanyalah sebuah pilihan. Dengan kata lain, pemisahan pelanggan laki-laki dan perempuan bukanlah hal yang harus diterapkan.

Selama ini, biasanya restoran dan kafe di Arab Saudi, termasuk kedai kopi Starbucks milik Amerika, memiliki bagian terpisah untuk keluarga (perempuan yang datang sendiri atau ditemani oleh keluarga laki-laki) dan satunya lagi khusus untuk laki-laki sendiri.

The AlShaya Group, operator Starbucks, The Cheesecake Factory, dan P.F. Chang’s mengaku akan mengakhiri pemisahan pelanggan pria dan perempuan di kafe-kafe mereka.