Ikhwanul Muslimin Menunjuk Mahmoud Ezzat sebagai Pemimpin Sementara

ezzatIkhwanul Muslimin Mesir menunjuk Mahmoud Ezzat sebagai pemimpin sementara organisasi tersebut  menggantikan Mohammad Badie yang ditahan pihak keamanan pada hari Selasa yang sedang menghadapi tuduhan pemerintah kudeta kepadanya atas keterlibatan kekerasan  atas demonstran (sekuler)  terhadap pemerintahan Presiden terguling Mohammad Mursi.

Sebelumnya , Ezzat menjabat sebagai sekretaris jenderal gerakan Islam itu dan merupakan anggota dewan pembina Ikhwanul Muslimin. Dia juga adalah wakil kedua dari Mursyid Aam Ikhwanul Muslimin.

Wakil Mursyid Aam pertama, Khairat el-Shater, telah ditangkap tak lama setelah Mursi dikudeta dari kekuasaan.

Ezzat tidak begitu disukai oleh pihak Israel maupun pihak keamanan Mesir. Intelijen militer Israel DEBKAfile  menjelaskan  Ezzat adalah  Ikhwan “Mr X. ” Debkafile melaporkan bahwa Badie adalah merupakan orang yang paling setia untuk pemimpin  Ikhwanul Muslimin, tidak ada orang kecualinya selain  Mr X.”

Ezzat juga sering disebut sebagai “wakil biru,” “Persaudaraan elang” atau “Pembimbing sebenarnya.” Baru-baru ini situs Dostorasly Mesir menggambarkan dia sebagai dalang tindakan demonstrasi  kekerasan Ikhwanul terhadap pasukan keamanan. (Arby/Dz)