Idul Fitri Di Turki; Potret Pemerintah Menyambut Hari Raya

Di Turki, Idul Fitri lebih dari sekadar perayaan keagamaan. Di negara ini, Idul Fitri lekat dengan gula dan permen. Sebuah tradisi yang berabad-abad abad lamanya di Turki bahwa para tamu yang berkunjung selama Idul Fitri selalu diberi gula dan permen, sehingga dinamai Seker Bayrami, dengan gula yang berarti "Seker" atau manis dalam bahasa Arab dan Turki.

Para pemilik toko permen dan gula-gula selalu kebanjiran pesananan dan mengakami peningkatan penjualan dan, oleh karena itu, keuntungan pun meningkat. Di Turki, gula dan permen disajikan dengan bentuk yang sangat menarik perhatian orang yang melihatnya.

Para pejabat memperingatkan pengendara kendaraan untuk lebih berhati-hati saat berkendara selama Idul Fitri, karena jalan-jalan dan jalan raya akan lebih ramai daripada biasanya. Mereka mencatat bahwa jumlah korban dalam kecelakaan lalu lintas secara signifikan meningkat selama liburan ini.

Di hari raya Idul Fitri semua jasa perjalanan di seluruh negara digratiskan.

Menurut pengumuman yang dibuat oleh Kabinet di Türkiye Senin diterbitkan dalam Official Gazette, semua transportasi yang disediakan untuk publik di seluruh Turki gratis selama liburan.

Kabinet menyatakan bahwa jalan tol akan bebas biaya dari tanggal 27 Agustus sampai 5 September.

Bus kota pun benar-benar gratis selama tiga hari Idul Fitri. (sa/worldbulletin)