Idul Adha Berdarah di Pakistan, 54 Orang Tewas

Perayaan Idul Adha di Pakistan diwarnai dengan tragedi berdarah berupa ledakan bom yang terjadi di sebuah masjid yang terletak sekitar 25 mil dari timur laut kota Peshawar, Pakistan. Ledakan yang diduga bom bunuh diri itu terjadi Jumat pagi, tatkala warga sedang menjalankan salat Idul Adha.

Pelakunya meledakkan detonatornya di luar masjid, tak jauh dari rumah bekas menteri dalam negeri Pakistan Aftab Khan Sherpao, yang diduga menjadi sasaran bom bunuh diri itu. Khan Sherpao, adalah salah seorang kandidat anggota parlemen dalam pemilihan umum yang rencananya akan digelar bulan Januari mendatang.

Media massa Pakistan menyebutkan, jumlah korban akibat aksi bom bunuh diri itu sekitar 54 orang dan melukai belasan orang lainnya. Jika dugaan benar, maka serangan bom ini merupakan percobaan pembunuhan kedua terhadap Aftab dalam kurun waktu delapan bulan ini. Aftab sendiri selamat dari serangan itu.

Kepala Polisi Distrik Charsadda, Feroz Shah mengatakan, pelaku ledakan bom adalah salah seorang yang ikut salat Idul Adha. "Dia berdiri di barisan kedua, di belakang mantan menteri dalam negeri, " tambah seorang pejabat polisi setempat, Muhammad Sharif Virk.

Menteri Kesehatan Provinsi Peshawar Syed Kamal Shah mengungkapkan, situasi di lokasi kejadian sangat kacau. Para korban yang luka-luka berteriak-teriak minta tolong dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Peshawar dengan menggunakan truk-truk dan ambulan. Dikhawatirkan jumlah korban akan bertambah.(ln/presstv/aljz)