Ibu Negara Irak, Lolos dari Serangan Bom

Hero Ibrahim Ahmed, Isteri Presiden Irak Jalal Talabani, lolos dari maut, ketika sebuah bom yang dipasang di jalan meledak saat iring-iringan kendaraan yang mengawalnya lewat di sebuah jalan di kota Baghdad, Minggu (4/5). Akibat ledakan itu, empat pengawal isteri Talabani mengalami luka-luka.

Menurut keterangan dari kantor kepresidenan Irak, ibu negara sedang dalam perjalanan menuju ke National Theatre di distrik Karrada, Baghdad Tengah saat peristiwa itu terjadi dan ledakan itu sepertinya bukan ledakan yang sengaja direncanakan untuk membunuh ibu negara Irak itu.

Hero Ibrahim Ahmed adalah puteri dari politisi terkemuka Irak, Ibrahim Ahmed, salah satu pendiri Parta Demokratik Kurdi. Selain menjadi ibu negara, Hero dikenal pengusaha dan memiliki kelompok media bernama Kakh. Hero juga aktif dalam organisasi perlindungan hak anak.

Sementara itu, militer AS mengumumkan 13 tentaranya tewas dalam pertempuran di Sadr City pada Minggu malam. Dalam pertempuran sengit dengan para pejuang di kota tersebut, militer AS mengerahkan tank-tanknya, dibantu dengan pasukan udara. (ln/aljz/alarby)