Hugo Chavez: AS Berambisi Kuasai Sumber-Sumber Minyak Iran

Presiden Venezuela Hogo Chavez menyatakan mendukung program nuklir Iran dan menuding AS mengancam Iran karena menginginkan sumber-sumber minyak di Iran. Chavez mengungkapkan hal itu pada Selasa (21/3) menyusul gagalnya Dewan Keamanan PBB dalam merespon masalah nuklir Iran. Atas kegagalan Dewan Keamanan PBB itu, pemerintah AS menyatakan bahwa Iran bisa memeras dunia internasional jika dibiarkan membuat bom atom.

"AS sang penjajah menginvasi Irak untuk menguasai minyaknya dan sekarang AS mengancam Iran juga karena minyaknya, bukan karena Iran membuat bom nuklir, iitu adalah kebohongan, tidak ada bukti untuk itu," kata Chavez.

"Ini adalah abad kematian bagi imperialisme AS. Kekuasaan AS di Irak sudah dikalahkan… Tuhan akan membantu Iran jika AS berusaha menyerang Iran. Kami meminta dan menginginkan perdamaian, tapi di sana (Iran) AS akan merasakan kekalahan dua kali lipat," kata Chavez

Venezuela dan Iran menjalin hubungan di bidang perdagangan dan energi, sementara Chavez berusaha untuk melepaskan ketergantungan negaranya pada AS. Venezuela adalah salah satu dari sedikit negara yang menentang resolusi Badan Energi Atom Internasional yang membawa masalah nuklir Iran ke Dewan Keamanan PBB. (ln/aljz)