Hitung Cepat, Erdogan Unggul 97% Suara Dalam Pilpres Turki

erdogan for presidenPerdana Menteri Recep Tayyip Erdogan berhasil memenangi perolehan suara sementara pemilu presiden Turki yang berlangsung sepanjang hari Minggu (10/08) kemarin.

Dalam hasil awal sistem pemilu presiden langsung yang baru pertama kali di gelar di Turki sejak tahun 1923, Erdogan telah meraup lebih dari 50% suara menungguli 2 kandidat lainnya Akmaluddin Ihsan Oglu dan Salahuddin Demir Tash yang berasal dari partai oposisi pemereintah.

Dalam pernyataanya, Erdogan mngucapkan rasa terima kasih atas amanat yang diberikan oleh rakyat Turki dan akan memberikan pidato kemenangan di ibukota Turki, Ankara, di depan markas Partai Keadilan dan Pembangunan Turki setelah seluruh proses penghitungan suara selesai.

Komite Pemilihan Agung di Turki menjadwalkan tangggal 15 Agustus sebagai pengumuman akhir hasil pemilihan umum putaran pertama presiden baru Turki.

Putaran kedua akan digelar jika salah seorang dari kandidat capres belum mampu memenangkan 50% suara lebih di pilpres putaran pertama.(Rassd/Ram)