Hasil Penelitian: Orang Italia Paling Malas Berolah Raga

Sebuah penelitian badan kesehatan Italia menyodorkan kesimpulan yang tidak enak didengar, karena hasil penelitian itu menyebutkan bahwa bangsa Italia adalah bangsa pemalas.

Aljazeera mengutip berita itu, diambil dari sumber-sumber media di Italia hari Selasa (26/2). Universitas La Catholica di Roma yang menggelar penelitian itu menyatakan bahwa hanya 20, 9% dari warga Italia saja yang melakukan olah raga secara rutin dan terus menerus pada waktu kosong. Dan hanya 10, 3% dari mereka melakukan olah raga karena desakan masalah kesehatan.

Penelitian itu melibatkan 287 pakar dari berbagai daerah di Italia yang bekerjasama dengan jurusan kesehatan nasional di Universitas La Catolica, terkait kondisi kesehatan masyarakat selama lima tahun secara intensif. Orang-orang Italia yang rutin menerapkan olah jasmani hanya 28, 2%, sedangkan mereka yang tidak melakukannya karena malas ada 39, 8%.

Disebutkan juga dalam kajian ini, bahwa olah raga umumnya dilakukan oleh mereka yang berusia antara 6 – 19 tahun. Sedangkan untuk olah raga karena kesehatan, paling tua dilakukan oleh penduduk yang berusia 34 tahun. Di atas usia itu, tak satupun warga yang melakukan olah raga, berdasarkan penelitian.

Bagaimana dengan Anda, apakah termasuk orang yang malas olah raga? (na-str/aljzr)