Haniya : Hamas Tidak Terlibat dalam Konflik Mesir dan Suriah

haniya gazaPerdana Menteri Gaza , Ismail Haniya pada hari Sabtu membantah adanya laporan bahwa kelompok Hamas  terlibat dalam pertempuran di Mesir Sinai atau di Suriah , kutip Agence France -Presse .

” Kami tidak ikut campur dalam urusan negara manapun dan tidak terlibat dalam peristiwa atau  konflik internal negara manapun , ” kata Haniya .

” Ini [ adalah ] posisi kami mengenai apa yang telah terjadi dan sedang terjadi di Suriah , Mesir , Lebanon , dan semua negara Arab dan Islam , ” katanya .

” Kami tidak terlibat dalam insiden apapun , ” tambahnya . ” Baik di Sinai atau di tempat lain . Kami hanya bertindak dalam arena Palestina dan senjata kami hanya kami arahkan terhadap  Zionis . ”

Dia meminta media untuk berhenti tuduhan  ” tak berdasar ” terhadap Hamas .

Haniya membuat pernyataan dalam pidato yang menandai dua tahun penangkapan tentara Israel Gilad Shalit yang berhasil ditukar dengan 1.027 tahanan Palestina , dipestakan di Gaza sebagai kemenangan bagi “perlawanan ,” lapor AFP .

Hubungan antara Kairo dan Hamas telah memburuk sejak penggulingan  Presiden Mohammad Mursi . Hamas memiliki akar  yang sama dengan  Ikhwanul Muslimin .

Sejak itu , tentara Mesir telah menghancurkan ratusan terowongan penyelundupan di bawah perbatasan dengan Jalur Gaza , yang digunakan untuk  memasok bahan makanan dan bahan bangunan ke wilayah Palestina, AFP melaporkan . (Arby/Dz)