Hamas Serukan Dunia Islam Galang Aksi Solidaritas untuk Warga Ghaza

Hamas menyerukan rakyat Palestina dan umat Islam di negara-negara Arab untuk menggelar aksi massa setelah pelaksanaan salat Jumat, hari ini untuk mengutuk serangan-serangan Israel ke Jalur Ghaza beberapa hari belakangan ini.

"Hamas menyerukan rakyat Palestina untuk menggelar aksi massa besar-besaran setelah salat Jumat, untuk memprotes kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan Israel pada rakyat kita, " demikian isi seruan Hamas, Jumat (29/2).

"Kami juga menyerukan rakyat di negara-negara Arab dan negara-negara Muslim untuk menggelar aksi solidaritas bagi rakyat Palestina setelah salah Jumat."

Seperti diberitakan, serangan pasukan Zionis Israel dua hari berturut-turut ke Jalur Ghaza, menyebabkan 32 warga Palestina gugur dan puluhan lainnya luka-luka.

Mantan Perdana Menteri Palestina dari Hamas, Ismail Haniyah mengutuk serangan tersebut dan mendesak negara-negara Arab untuk tidak diam dan segera mengambil langkah untuk menghentikan agresi pasukan Zionis.

Badan Bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) juga menyerukan agar Israel mematuhi hukum internasional dan menahan diri, serta tidak membahayakan kehidupan warga sipil. "Pembunuhan terhadap anak-anak tak berdosa merupakan tindakan yang tragis dan harus dikecam, " kata Juru Bicara UNRWA Chris Gunnes. (ln/iol/prestv)