HAMAS Pamerkan Drone Buatannya Dalam Pawai Ulang Tahun di Gaza

Palestinian members of al-Qassam Brigades, the armed wing of the Hamas movement, display a home-made drone during a military parade in Gaza CityKelompok  Hamas unjuk kekuatan dalam perayaan ulang tahun ke-27 pada hari Minggu (14/12/2014) , dengan parade militer di kota Gaza , dan uniknya pada perayaan kali ini  mereka memamerkan terbangnya sebuah  drone buatan mereka.

Hamas didirikan pada tahun 1987 tak lama setelah dimulainya intifada Palestina yang pertama. Hamas merupakan satu ideologi pergerakan yang sama dengan   Ikhwanul Muslimin dari Mesir.

Jerusalem Post mengatakan angkatan udara Israel bergegas menerbangkan pesawat tempurnya untuk memantau drone buatan Hamas, agar  tidak menyeberang ke Israel.

“Menurut sumber militer, jet  Israel siap menghadapi ancaman, namun kembali ke pangkalan  angkatan udara setelah tiada melihat  ancaman terhadap wilayah udara Israel,” dikutip dari Jerusalem  Post.

Seorang juru bicara militer Israel mengkonfirmasi adanya penerbangan pesawat tak berawak Hamas , tetapi ia tidak  mengomentari reaksi Israel atas hal tersebut.

Dalam pawai Hamas , terlihat beberapa perangkat perang berupa roket dan mortir peluncur  dipamerkan melalui jalan-jalan di Gaza bersama dengan ribuan mujahidin bertopeng, tentara berpakaian hitam dan sayap kanan militer Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam.

Terlihat adanya barisan truk yang membawa roket besar, seperti tipe M75, yang memiliki jangkauan 80 kilometer, yang menandakan bahwa roket tersebut  dapat mencapai Yerusalem dan Tel Aviv.

Selama tujuh minggu pertempuran pada  musim panas tahun ini antara Israel dan Hamas, kekuatan utama di Jalur Gaza telah  menembakkan 3.659 roket ke arah  Israel, ungkap sumber  militer Israel.

Brigade Al Qassam mengatakan drone “Ababil”  telah diproduksi di Gaza.(Arby/Dz)