Giliran Swiss Tolak Menteri Pertahanannya Kunjungi Israel

Sekelompok LSM di Swiss dilaporkan mengajukan petisi terhadap Menteri Pertahanan Swiss, Ueli Maurer yang mengumumkan akan melakukan kunjungan resmi ke Israel untuk bertemu dengan Ehud Barak bulan depan.

Organisasi hak asasi manusia menegaskan bahwa pemerintah Swiss harus membatalkan kunjungan Maurer pada Oktober 8 nanti. Mereka mengatakan bahwa kunjungan itu merupakan dukungan sepihak untuk pendudukan militer Israel dan konflik dengan komitmen terhadap Swiss perdamaian Timur Tengah berdasarkan hukum internasional.

Menurut petisi yang dikeluarkan hari Rabu (22/9), organisasi itu meminta bahwa Serikat Federal Swiss membekukan semua bentuk kerjasama militer dengan Israel dan semua negara-negara Timur Tengah lainnya sampai blokade Israel terhadap Gaza dicabut.

Petisi ini menekankan perlunya menghormati hak asasi manusia dan hukum internasional, sekaligus juga menyerukan konferensi yang akan dilaksanakan di antara penandatanganan konvensi Jenewa keempat.

Penandatanganan itu sendiri bertujuan mengambil tindakan membela warga sipil di wilayah yang diduduki Israel di Palestina, berdasarkan mandat PBB yang dikeluarkan pada bulan November 2009. (sa/pic)