Gila Jika Iran Tak Ikut Olimpiade 2012


Iran dilaporkan akan tetap mengikuti Olimpiade 2012 di London, meskipun negara itu memprotes logo perhelatan itu menyerupai kata "Zion".

Bulan lalu, Iran mengeluh kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan menyerukan desain logo untuk diganti. Mereka keberatan atas dasar bahwa logo itu amat mirip dengan kata Zion—istilah Alkitabiah bagi Israel.

Tapi Press TV, sebuah media Iran, mengutip seorang pejabat negaranya yang mengatakan Iran akan "berpartisipasi dengan mulia."

Press TV mengutip sekretaris panitia Olimpiade Iran, Bashram Afsharzadeh, yang mengatakan: "Keputusan kami, untuk mengambil bagian (di) Olimpiade, tidak ada hubungannya dengan para politisi Inggris.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan pejabat Komite Olimpiade Internasional dan kami akan berpartisipasi dan bermain gemilang di London Games."

Dalam surat aslinya ke IOC, Iran menyerukan agar logo Olimpiade ditarik. Ada juga rumor bahwa atlet Iran akan diberitahu untuk tidak hadir.

Pada saat itu, Presiden IOC Jacques Rogge kepada mengatakan BBC Sport: "Tidak, tidak mungkin serius. Kami akan menjawab, mengatakan (kepada Iran) bahwa logo itu tidak ada hubungannya dengan rasisme atau konotasi politik…"

Keluhan juga dipatahkan oleh Perdana Menteri David Cameron, yang mengatakan Iran tidak dipertanyakan jika mereka tidak hadir.

Dalam sebuah wawancara dengan media Yahudi yang berbasis di London, Cameron mengatakan: "Ini benar-benar paranoid. Jika Iran tidak mau datang, ya sudah jangan datang, kami tidak akan merindukanmu. Gila jika mereka tidak datang." (sa/bbcnews)