Gempa Berkekuatan 7, 5 Skala Richter Guncang Wilayah China

Gempa berkekuatan hebat mengguncang wilayah barat daya China. Laporan menyebutkan, kekuatan gempa terasa hingga ke ibukota Thailand, Bangkok.

Para ahli gempa di US Geological Survey mengatakan, gempa itu berkekuatan 7, 5 skala Richter dengan pusat gempa sekitar 92 kilometer sebelah baratlaut kota Chengdu, ibukota provinsi Sichuan. Gempa terjadi pada pukul 14.48 waktu setempat.

Getaran gempa yang kuat membuat gedung-gedung tinggi di kota Beizing, Shanghai bahkan di Bangkok, ibukota Thailand, terlihat bergoyang.

Laporan koresponden al-Jazeera di China, Melissa Chan mengutip pengakuan warga setempat mengatakan, getaran gempa terasa selama beberapa menit. Belum ada laporan tentang adanya korban akibat gempa tersebut.

Menurut Jessica Sigala, salah seorang oakar gempa di US Geological Survey yang berbasis di Colorado, gempa yang terjadi di China hari ini termasuk gempa dangkal dan dengan kekuatan 7, 5 skala Richter dapat menyebabkan kerusakan struktural.

Gempa terburuk di China menimpa wilayah Tangshan pada tahun 1976 dengan kekuatan 7, 8 skala Richter. Gempa susulan dengan kekuatan yang hampir sama terjadi sehari kemudian menyebabkan 240 ribu orang tewas. (ln/aljz)