Gallup Polling: Dua Pertiga Penduduk Dunia, Inginkan Tentara AS Hengkang dari Irak

Hasil sebuah polling di Inggris dikeluarkan hari ini. Ternyata dua pertiga penduduk dari 20 negara dunia meminta pasukan Amerika sebaiknya ditarik mundur dari Irak.

Polling yang diselenggarakan di 22 negara itu, menunjukkan juga bahwa mayoritas dari 19 negara peserta polling mendukung penarikan mundur pasukan AS yang menjadi komando pasukan koalisi internasioal di Irak.

Di negara AS sendiri, sebanyak 61% responden menyatakan agar penarikan mundur itu dilakukan maksimal dalam satu tahun mendatang. Semntara sebanya 24% responden meminta penarikan mundur itu dilakukan secepat mungkin.

Di sejumlah negara lainnya, misalnya di Inggris dihasilkan sebanyak 65% responden juga menyuarakan penarikan mundur pasuan AS. Kemudian di Korea Selatan, sebanyak 64% responden dan di Australia sebanyak 63% responden.

Sementara polling pendapat di negara-negara yang tidak terlibat langsung di Irak, juga menyatakan penarikan mundur tersebut. Prancis adalah jumlah responden terbanyak yang menghendaki penarikan mundur, yakni 75% meminta penarikan dalam satu tahun, dan 32% meminta penarikan segera. Sedangkan 59% responden Prancis yakin bahwa pasukan AS akan menetap di Irak dalam rentang waktu yang lama.

Jumlah responden dalam polling ini mencapai 23 ribu orang. Hasil ini, menurut Gallup penyelenggara polling, membuktikan “keinginan terbesar warga dunia, termasuk di AS sendiri, berbeda dengan pilihan politik yang dilakukan Presiden AS George Bush. ” (na-str/aljzr)