Front Al Nusra Membantah Komandannya Syeikh Golani Terbunuh

golaniPemimpin kelompok Islam al – Nusra Suriah telah gugur (menemui kesyahidan insyaAllah)  di provinsi pesisir negara itu pada Jumat , diberitakan  televisi pemerintah Suriah.

”  Abu Mohammad al – Golani , komandan  Front al- Nusra yang berafiliasi dengan al-Qaeda , telah gugur  dalam pertempuran  di provinsi barat laut Latakia , ” kata televisi negara Suriah  , menurut AFP .

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia , yang terus memantau pertempuran di Suriah , mengatakan para pemimpin senior al Nusra yang  dihubungi oleh aktivis di Latakia dan Deir el – Zour provinsi timur membantah Syeikh al- Golani gugur .

Sumber al Nusra lainnya mengatakan mereka tidak bisa mengkonfirmasi atau menyangkal laporan itu “karena kontak dengan al- Golani terputus  , ” kata Observatorium dalam sebuah pernyataan .

Seorang komandan mujahidin yang berada di pinggiran kota Damaskus dihubungi oleh The Associated Press mengatakan dia yakin al – Golani masih  ” hidup dan sehat ” berdasarkan kontak dengan pejuang lainnya termasuk dari Front al Nusra .

Michael Ryan , seorang ahli timur tengah yang berbasis   di Washington DC  mengatakan ,” cara  al- Qaeda dan kelompok-kelompok militas Islam dalam mengorganisir diri , layaknya seperti kumpulan beberapa  perusahaan kecil , dan mereka selalu memiliki orang-orang yang sangat berpengalaman yang dapat bergerak ke atas [ untuk menggantikan  kepemimpinan ] . dan ia  mencatat bahwa kelompok  Al-Qaeda di Suriah , termasuk Negara Islam Irak masih memiliki kekuatan besar di negara yang dilanda konflik tersebut.

Tapi berita kematian Golani ini bisa menjadi dorongan bagi pemerintah Presiden Suriah Bashar al – Assad , yang menganggap setiap oposisi bersenjata sebagai ” teroris “, termasuk kelompok yang menerima dukungan dari Barat dan negara-negara Arab .

Awal tahun ini , Amerika Serikat menyatakan Syeikh Golani menjadi teroris global , yang dikarenakan beliau menginstruksikan  kepada seluruh Muslim di Suriah untuk memberlakukan  hukum Syariah Islam . Ini membuktikan klaim barat, siapapun yang ingin memberlakukan syariah Allah pasti akan dianggap sebagai teroris dunia. (Arby/Dz)