File Rahasia: Rezim Suriah Gunakan Kendaraan Palang Merah untuk Operasi Militer

Dokumen rahasia yang diperoleh oleh Al Arabiya mengungkapkan bahwa rezim Suriah telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan banyak menggunakan kendaraan Palang Merah.

Dokumen-dokumen rahasis itu diperoleh dengan bantuan dari anggota oposisi Suriah yang menolak untuk menguraikan bagaimana mereka mendapatkan dokumen.

Salah satu dokumen rahasia bertanggal 18 April 2012, dan berjudul “Menggunakan kendaraan Palang Merah oleh rezim dalam operasi militer”, yang mana merupakan misi militer yang ditugaskan oleh kepala intelijen Angkatan Udara Saqr Manoun ke letnan di departemennya yang bernama Ali Haidar. Misi kepada Haidar adalah melaksanakan perintah nomor urut 4/3255, yang menurut oposisi Suriah adalah perintah untuk membunuh aktivis dan juga bisa menjadi perintah untuk melakukan pembantaian terhadap warga sipil.

Dokumen ini menyebutkan dengan jelas penggunaan kendaraan Palang Merah, maka, rezim Suriah sudah pasti menggunakan kendaraan tersebut dalam misi militer yang sering berakhir dengan pembantaian terhadap warga sipil, sesuai dengan perintah yang ditandatangani oleh Manoun.

Al Arabiya juga telah memperoleh gambar yang sangat sensitif untuk kerusakan yang disebabkan oleh penembakan di wilayah kota-kota Suriah. Salah satu bukti utama yang menunjukkan bahwa rezim Suriah telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.(fq/aby)