FBI Juga Gunakan Drone untuk Lacak “Teroris” di dalam Negeri AS

FBI director Robert MuellerFBI telah mengakui telah menggunakan pesawat pengawasan udara di atas wilayah AS, dan menyarankan sebuah undang-undang untuk mengatur penggunaan Drone untuk keperluan domestik yang mungkin diperlukan.

Berbicara dalam sidang, direktur biro, Robert Mueller, mengatakan penggunaaan drone diperlukan untuk membantu penyelidikan, tapi kami gunakan  dengan sangat, sangat minim, sangat jarang”.

Namun, potensi untuk meningkatnya penggunaan drone baik di AS, atau melibatkan warga AS di luar negeri, merupakan isu yang semakin dibicarakan di Kongres, dan FBI mengetahuinya.

“Hal ini masih dalam tahap baru awal tapi layak diperdebatkan untuk menyusun undang-undangnya,” kata Mueller, dalam menanggapi pertanyaan dari Hawaii senator Mazie Hirono.

Dianne Feinstein, yang juga ketua komite intelijen di Senat, mengatakan masalah drone lebih ia  khawatirkan jauh lebih bermasalah dibanding pengawasan telepon dan internet, yang dia percaya penggunaan Drone itu harus tunduk pada dasar hukum yang cukup. (Guardian/Dz)