Erdogan : Bila Perlu, Siap Relokasi Masjid Untuk Membangun Jalan

erdogan marahPerdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan , siap untuk relokasi  masjid dan akan menggantinya dengan membangunnya di tempat lain, bila memang diperlukan untuk membangun jalan , Erdogan nyatakan dalam rangka merespon terhadap protes pendukung lingkungan yang menentang penebangan pohon untuk membangun jembatan baru di Istanbul .

Erdogan , PM Turki yang berakar dari gerakan Islam , mengatakan : . . ” Kami melayani masyarakat dan bukan individu, dan kami  bisa mengorbankan apapun untuk jalan, dan  Kami siap relokasi sebuah masjid untuk kepentingan masyarakat , dan kami akan bangun (Masjid) di lokasi lain (Sebagai Penggantinya) . ”

Jalan yang dimaksud oleh Erdogan adalah sebuah pekerjaan konstruksi yang  membangun jembatan ketiga di atas Selat Bosphorus yang dimulai sejak Juni lalu , yang membangkitkan kemarahan pendukung lingkungan yang mengatakan bahwa jembatan itu akan merusak hutan hijau terakhir di kota Istanbul .

Departemen Kehutanan dan Sumber Daya Air memperkirakan jumlah pohon yang akan dipotong oleh lebih dari 300 ribu buah .

Erdogan mengatakan : ” Ada yang mengatakan bahwa banyak jumlah pohon telah dipotong , ” katanya , ” Apa pun bisa dikorbankan untuk pembuatan akses jalan itu ” , katanya dengan menambahkan bahwa jembatan jalan itu bukan saja akan melayani penduduk Istanbul  , tetapi juga dari seluruh dunia . (IoL/KH)