Dipersiapkan Barikade dan Ribuan Ketapel Untuk Pendemo Mursi, Sebagai Persiapan Hadapi Militer

ketapelPendukung Presiden terguling Mesir,  Mohammad Mursi telah dipersiapkan ribuan  ketapel untuk para demonstran  sebagai bagian dari persiapan untuk pertempuran yang mungkin terjadi dengan pasukan keamanan.

Gambar bentuk Katapel  beredar di internet dikelilingi dengan dinding kantong pasir di Ennahda Square, di samping Universitas Kairo.

Pendukung Mursi juga telah membangun barikade dan benteng batu bata di  trotoar di pintu masuk kamp utama mereka di Rabia al-Adawiyya.

Persiapan itu datang sebagai respon dari janji pemerintah  untuk mengakhiri demonstrasi kalangan  Islam , yang dianggap sebagai ancaman keamanan nasional. Tindakan keamanan cenderung meningkat sejak  Rabu ketika Presiden interim Adly Mansour menyatakan kegagalan mediasi internasional.

Perdana Menteri Hazem el-Beblawi menegaskan pada Kamis tekad pemerintah untuk mengakhiri aksi demonstrasi , mengatakan tidak akan ada rekonsiliasi dengan pihak yang menggunakan kekerasan.

Ikhwanul Muslimin telah secara konsisten mengatakan demonstrasi protes mereka adalah damai dan membantah semua laporan bahwa memiliki senjata atau menggunakan kekerasan.

Mereka telah mengatakan bahwa pertahanan barikade  di sekitar kamp mereka dimaksudkan untuk mengurangi korban jika terjadi bentrokan dengan pihak keamanan. (Arby/Dz)